Bantuan Pangan Bergizi untuk Warga Yaman, Wujud dari Zakat Dermawan

Bantuan Pangan Bergizi untuk Warga Yaman, Wujud dari Zakat Dermawan

Bantuan Pangan Bergizi untuk Warga Yaman, Wujud dari Zakat Dermawan

Update : 06 April 2021 05:39:48

ACTNews, SANAA –  Hampir enam tahun Yaman dilanda perang saudara. Belum ada tanda-tanda membaik, kehidupan masyarakat Yaman justru semakin sulit. Setiap hari, sebagian keluarga di Sanaa sukar mendapatkan bahan makanan. Semua harga jual melambung tinggi, padahal mata uang Yaman terus mengalami depresiasi.
Global Zakat-ACT berikhtiar meredam krisis tersebut. Pada 7-14 Desember lalu, Global Zakat-ACT hadir mengantarkan ratusan paket untuk 826 jiwa di Ablas, Distrik Hamdan, dan Desa Hababah di Thula. Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response - Aksi Cepat Tanggap menjelaskan, bantuan terdiri dari kacang-kacangan, gula, garam, dan minyak sayur. Masing-masing keluarga mendapatkan paket pangan dengan total 15 kilogram.
Said mengatakan, bantuan pangan secara berkala terus menjangkau masyarakat sipil di Sanaa. Keberlanjutan pendistribusian bantuan ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Indonesia dan kolaborasi dengan sejumlah mitra dermawan. “Suatu kali kami mengantarkan bantuan dari sahabat dermawan yang berdonasi melalui Indonesia Dermawan, ada juga bermitra dengan Kitabisa, atau mitra perseorangan, dan kini dari zakat masyarakat,” jelasnya.
Menurut Said, kondisi di Yaman akan selalu menjadi perhatian. Sebab, hingga kini, belum ada kepastian nasib bagi mereka. Krisis kemanusiaan semakin diperparah dengan penyebaran Covi-19, banjir besar, dan musim dingin.
“Sebagian besar keluarga tidak dapat memenuhi persyaratan minimum untuk bertahan hidup mereka dalam keadaan sangat miskin. Semua kondisi tragis ini berdampak negatif terhadap kehidupan masyarakat Yaman, terutama pada pengungsi perempuan dan anak-anak,” lanjut Said.

Ia juga menerangkan, kelangkaan pangan juga berdampak pada gizi buruk pada anak. Organisasi Donasi untuk Anak-anak milik PBB menyatakan, setidaknya pada 2017, sebanyak 2,2 juta anak di Yaman mengalami malnutrisi akut dan diestimasi 462.000 anak bertahan dari malnutrisi menengah. Sedekah Sekarang